Osteichthyes



 Osteichthyes atau disebut juga ikan bertulang sejati adalah kelas dari anggota hewan bertulang belakang yang merupakan subfilum dari Pisces. Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu osteon yang berati tulang dan ichthyes yang berarti ikan. Hidup di laut, rawa-rawa, atau air tawar. Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas Osteichthyes memiliki sebagian tulang keras, mulut dan lubang hidungnya ventral, celah-celah pharyngeal tertutup (tidak terlihat dari luar) dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel.
Hampir semua  ikan bertulang keras memiliki endoskeleton dengan matriks kalsium fosfat yang keras. Kulitnya seringkali tertutup dengan sisik pipih bertulang . Ikan bertulang keras umumnya perenang yang dapat menontrol arah, siripnya yang lentur lebih sesuai untuk pengendalian dan pendorongan dibandingkan dengan sirip hiu yang lebih kaku. Dan masih banyak lagi informasi dan kelebihan dari ikan bertulang keras yang akan  kita ketahui.
Ikan bertulang sejati menempuh cara kedua untuk mengatasi masalah kekeringan yang terjadi secara berkala. Mereka mengembangkan sepanjang kantung, masih pertumbuhan faring yang berfungsi sebagai paru-paru primitif. Alat ini dikembangkan oleh udara  yang diisap melalui mulut. Tubuh ikan-ikan ini diselaputi oleh sisik, satu-satunya sisa harnas (pelindung) moyang mereka adalah tulang-tulang kranium (kepala) (Kimball, 2009 ).

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA