Bacillus licheniformis



Bacillus licheniformis merupakan bakteri gram positif, berbentuk batang dengan panjang berbentuk batang silindris atau elips dan terdapat pada sentral atau parasentral. Suhu maksimum pertumbuhannya adalah 50-55 oC dan suhu minimumnya 15 OC.  B. licheniformis merupakan species bakteri yang mampu menghasilkan protease dalam jumlah yang relatif tinggi. Jenis protease yang dihasilkan oleh bakteri ini adalah enzim ekstraselular yang tergolong proteinase serin karena mengandung serin pada sisi aktifnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bacillus licheniformis memiliki 6 generasi dengan kecepatan pertumbuhan eksponensial (k) 0,776 generasi jam-1 serta waktu generasi (G) 1,289 jam.


Para peneliti du Newcastle University meyakini bahwa enzim yang dihasilkan oleh mikroba ini bisa membersihkan kerak gigi dan melindungi daerah sela-sela gigi yang sulit dijangkau. Tes di laboratorium memperlihatkan bahwa enzim yang dihasilkan mikroba ini bisa menghilangkan plak dan membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. "Plak gigi terdiri dari bakteri yang berkumpul pada suatu daerah di gigi," jelas Dr Nick Jakubovics, peneliti dari University's School of Dental Science, pada BBC (04/07).  "Pasta gigi bekerja dengan cara tradisional, yaitu menyikat plak dan bakteri-bakteri ini. Tetapi cara ini tak selalu efektif. Itulah mengapa orang yang rajin sikat gigi masih terkena gigi berlubang," tambahnya.


Peneliti menemukan bahwa enzim yang dikeluarkan oleh mikroba ini bisa menghilangkan beberapa bakteri yang membuat gigi busuk. Saat bakteri-bakteri itu mati, mereka meninggalkan biofilm pada gigi. Menurut para ilmuwan, zat tersebut tidak berbahaya dan malah bisa melindungi gigi dari bakteri berbahaya.

Meski begitu, peneliti mengharapkan adanya penelitian lebih lanjut sebelum mengembangkan enzim ini pada produk yang bisa digunakan masyarakat.



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA