SEL

Sel merupakan unit struktural makhluk hidup
Sel merupakan unit fungsional makhluk hidup
Sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup
Sel merupakan unit hereditas

Prokariotik  berasal dari kata pro yaitu sebelum dan kryon yaitu inti.

Eukariotik berasal dari kata eu artinya sungguh dan karyon artinya inti.


Umumnya sel itu sangat kecil dengan diameter jauh lebih kecil dari 1 mm, sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang. Pada sel yang paling sederhana yaitu bakteri sebuah dinding sel mengelilingi suatu membran (plasma) sangat tipis yang mengandung asam lemak, yang mengelilingi permukaan di daerah dalam yang tidak berstruktur. Di dalam daerah inilah letak DNA bakterial yang mengandung informasi genetik. 

Pada hampir semua sel selain bakteri, massa di dalam sel itu terbagi menjadi suatu badan berbentuk bola yang dibatasi oleh suatu membran, yang disebut nukleus (inti sel) dan suatu sitoplasma yang mengelilingi nukleus tersebut pada bagian luar. Di dalam nukleus terletak DNA selular dalam bentuk batang-batang terpilin yang disebut kromosom. Sel yang mengandung nukleus tersebut disebut eukariotik, sedang kan bakteri yang tidak bernukleus atau kerabat keluarga mereka seperti ganggang hijau biru dikenal sebagai sel-sel prokariot.

Sifat terpenting sel adalah kemampuannya untuk tumbuh dan membelah diri untuk menghasilkan molekul selular baru dan memperbanyak diri. Untuk menjalankan fungsi-fungsi ini sel, sel itu secara kimia pasti bersifat canggih

Jadi sel itu ibaratnya sebuah pabrik kecil yang tumbuh dengan memasukkan unsur-unsur pembangun, berupa molekul-molekul sederhana seperti glukoasa dan karbon dioksida, dan dengan cara tertentu mengubahnya menjadi berbagai molekul yang mengandung karbon, yang dibutuhkan untuk berfungsinya sel-sel.
   

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA