KEKEBALAN

Kebal disini dapat berarti resistan atau imun. Suatu bakteri yang dikatakan resistan terhadap suatu fage itu
tidak mempunyai tempat menempel atau receptor site untuk fage tersebut, dengan kata lain fage tidak dapat menempel pada dinding tersebut. Bakteri imun terhadap suatu fage itu tidak mengalami gangguan apa-apa meskipun kemasukan fage tersebut.

Dalam mencegah penyakit-penyakit menular yang disebabkan oleh virus, orang telah menemukan vaksin, diantaranya untuk rabies, cacar poliomyelitis. Vaksin ini memberikan kekebalan sementara.
Untuk menghindari penyakit-penyakit dibidang pertanian dan perkebunan orang-orang menggunakan obat-obatan kimia dan berusaha menemukan jenis yang resistan terhadap virus tertentu.

Seseorang yang mengonsumsi suatu antibodi sebaiknya menghabiskan antibodi itu sesuai dengan aturan.

Tetapi jika seseorang terlalu sering mengkonsumsi antibodi akan ada suatu saat dimana bakteri yang diserang oleh antibodi akan resiten terhadap antibodi yg dimakan. dan hal itu akan menyebabkan penyakit lain lagi bagi tubuh pengkonsumsi antibodi tersebut.

Begitu juga dengan pestisida yang diberikan ke tanaman, sebaiknya pestisida yang digunakan pada setiap musim tanam berbeda-beda agar serangga tidak menjadi resistan terhadap pestisida yg terus menerus diberikan ke serangga tsb.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA