Hilangnya Kontrol Siklus Sel pada Sel Kanker



Pada sejumlah penelitian tentang kultur sel hewan ada banyak faktor yang berpengaruh. Misalnya, sel-sel akan gagal membelah jika medium kultur tidak mengandung suatu nutient esensial. Bahkan jika semua kondisi lain telah mendukung tetapi kultur akan tumbuh tidak mengandung faktor-faktor pertumbhan spesifik maka tidak akan bertumbuh



Faktor pertumbuhan (growth factor) adalah protein yang dilepaskan oleh sel-sel tertentu yang meransang sel-sel lain utnuk membelah. Para peneliti menemukan lebih dari 50 faktor pertumbuhan. Jika tipe selnya berbeda maka responnya akan berbeda atau kombinasi dari berbagai faktor pertumbuhan.


Efek faktor fisik eksternal pada pembelahan sel telihat jelas pada penghambatan bergantung densitas, atau sel-sel yang berhenti membelah.

Next kITA Belajar soal Sel KANKER!

Sel kanker adalah sel yang tumbuh secara tidak terkendali.

Berbeda dengan sel pada kultur hewan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, sel kanker sama sekali mengabaikan sinyal-sinyal normal yang meregulasi sel. Sel kanker membelah secara tidak normal dan bisa mempengaruhi kerja jaringan lain. Sel kanker dapat membunh organisme jika tidak diatasi.

Campbell, 2008 mnyebutkan bahwasel kanker tidak memerlukan faktor pertumbuhan dalam medium kultur untuk bertumbuh dan membelah.  Sel kanker mungkin menghasilkan faktor pertumbuhan yang dibutuhkannya.

Jika sel kanker berhenti membelah pada satu titik maka ia akan membelah dititik lainnya. Perilaku abnormal dari sel kanker dapat membawa bencana jika terjadi dalam tubuh. Maslah mulai timbul ketika satu sel tunggal  dalam jaringan mengalami transformasi, proses yang mengubah sel normal menjadi sel kanker. Sel kekebalan tubuh biasanya mengenali sel yang bertransformasi sebagai sel yang tidak normal dan menghancurkannya. Akan tetapi jika brhasil menghindari penghancuran, sel tersebut akan memperbanyak diri dan membentuk tumor.

Jika sel abnormal tetap beradi di tempatnya maka disebut tumor jinak tetapi jika sel tumor mengganggu sistem kerja dari organ lain maka disebut dengan tumor ganas.

Sel-sel tumor ganas bersifat abnormal dalam berbagai hal, selain perbanyakan diri yang berlebihan. Sel tumor kemungkinan memiliki jumlah kromosom yang tidak biasa.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA