SITOKIN

HAI SALAM KENAL....
Hari ini saya mau bagi informasi soal komunikasi yang dilakukan oleh sistem imunitas tubuh kita.... Sebenernya sih ngerjain tulisan karena belajar buat ujian lisan  Imunology besok,  gak bisa belajar kalau gak nulis.. hehehehe

Tapi kan sama untung gan :P 

Perhatian buat yang suka COPAS jangan langsung copas ya... soalnya ada yng agak kurang bagus di dalam :v Tapi emangnya bisa di copas ya??? -_- Bisa2 coba tanya om google pasti tahu caranya :v

Ok.... kita mulai

Pada kebanyakan kasus kita jumpai, sel-sel itu selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk menyampaikan informasi. Begitu pula yang terjadi nih sama sistem imunitas tubuh kita. Sistem imunitas kita ini dipenuhi oleh banyak sel-sel yang berkumunikasi. Nah, komunikasi antar sel ini dilakukan oleh protein yang namanya Sitokin dan Kemokin.

Apasih tuh Sitokin sama Kemokin?????

Pertama kita mulai dari SItokin

Sitokin ini diproduksi sama limfosit. sehingga nama pabriknya disebut limfokin. (Apa coba ==")   
Si sitokin ini adalah protein kecil  terlarut yang meregulasi fungsi seluler.
Sitokin merupakan protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur immunitas, inflamasi dan hematopoesis.
Sitokin   adalah salah satu dari sejumlah zat yang disekresikan oleh sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh yang membawa sinyal antara sel-sel lokal, dan dengan demikian memiliki efek pada sel-sel lain
Sitokin dihasilkan sebgai respon terhadap stimulus sistem imun.
Sitokin bekerja dengan mengikat reseptor-reseptor spesifik yang kemudian membawa sinyal melalui second messenger untk menubah aktivitasnya.

Ada yang bisa nyimpulin gak pengertian dari sitokin melalui pengertian2nya yg banyak itu? =="

Kalau menurut saya sih seperti ini " Sitokin adalah protein kecil terlarut yang dihasilkan oleh limfokin sebagai respon terhadap stimulus sistem imun,  berfungsi sebagai mediator, pengatur immunitas, inflamasi dan hematopoesis, bekerja dengan mengikat reseptor2 spesifik yang kemudian membawa sinyal melalui second messenger untuk mengubah aktivitasnya.

Kedua kita belajar soal Kemokin

Kemokin adalah protein kecil yang berperan sebagai kemoatraktan fagosit dan sel T.Kerusakan sel atau jaringan dari infeksi bakteri, virus, dan luka menyebabkan sekresi kemokin.


Next belajar lebih jauh soal sitokin  

Beberapa sitokin dihasilkan oleh Sel T yang bertindak untuk mengatur pertumbuhan dan differensiasi berbagai populasi limfosit dan beberapa berperan pentin dalam fase aktivasi Sel-T dependent dalam respon imun.

Sitokin derivat sel T (maksudnya ialah sel T ini punya derivat Sitokin) berfungsi untuk aktivasi dan mengatur inflamasi seperti fagositosis mononuklear. netrofil dan eosinofil. Sitokin derivat sel T ini merupakan molekul efektor dari immunitas yang ditengahi sel yang juga berfungsi untuk komunikasi antar sel darri sistem inflamasi dan imun yang disebut Colony stimulating factor.



Ciri umum Sitokin

1. Sitokin adalah suatu polipeptida yang diproduksi sebagai respon terhadap mikroba dan antigen lainnya dan berperan sebagai mediator serta mengatur reaksi imun dan inflamasi.
2. Sekresi sitokin terjadi cepat dan hanya sebentar
3.Kebanyakan sitokin individual dihasilakan oleh berbaai tipe sel
4. Sifat sitokin adalah
-Pleiotropisme (suka udara tropis kali :v) satu sitokin mempunyai banyak efek terhadap berbagai sel (kayak photoshop donk :v -_-)
-Redudansi berbagai sitokin memiliki efek yang sama yang tumpang tindih (agak fulgar sedikit sifatnya :v :v )
- Sinergi dua atau lebih sitokin menunjukkan efek yang lebih besar dari hanya efek aditif
-Antagonis (Pemarah donk :v :v ) sitokin yang satu dapat mencegah efek sitokin yang lain.... (ooohhh... wkwkwk)


Sekian dulu gan informasinya... entar kapan2 saya lanjut soal sitokin ini...
Lagi digigit nyamuk -_- agak keganggu ( lebay DIKIT) :p




Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA