PERTUMBUHAN BAKTERI

Pertumbuhan adalah penambahan secara teratur semua komponen sela suatu jasad. Pembelahan sel adalah merupakan hasil dari pembelahan satu sel. 



a. Pertumbhan populasi 
Pertumbuhan dapat diamati dari meningkatnya jumlah sel atau massa sel (berat kering sel). Pada umumnya bakteri dapat memperbanyak diri menjadi 2 sel baru , maka dapat diukur dari bertambahnya jumlah sel.

Waktu yang diperlukan untuk mebelah diri dari satu sel menjadi dua sel disebut dengan waktu generasi. Waktu yang diperlukan oleh sejumlah sel atau massa sel semula disebut doubling time atau waktu penggandaan atau waktu generasi.

Perhitungan waktu generasi 
Dari hasil pembelahan sel secara biner :
1 sel menjadi 2 sel 
2 sel menjadi 4 sel
4 sel menjadi 8 sel
dan seterusnya
Dari hal tersebut dapat dirumuskan menjadi : 
N = N0 2n
N = jumlah sel akhir
N0 = jumlah sel awal
n = waktu generasi
Dalam bentuk logaritma rumus N = 2n menjadi 
log N = log N0 + n log 2
log N - log N0 = n log 2
n = log N - log N0 = log N- log N0
log 2 0, 301

Jumlah sel hidup dapat ditetapkan dengan metode late count atau colony count, dengan cara ditaburkan pada medium agar sehingga satu sel hidup akan tumbuh membentuk satu koloni, jadi jumlah koloni dianggap setara dengan jumlah sel.
Cara ini ada dua macam yaitu taburan permukaan (speread plate method) dan metode taburan (pour plate method)

Cara lain untuk menghitung jumlah sel hidup adalah dengan filter membran dan MPN (most probable number) yang menggunkan medium cair. Sampel mikroba yang biasanya dibuat seri pengenceran.

Pertumbuhan Populasi Mikroba 

Suatu bakteri yang dimasukkan ke dalam medium baru yang seusuai akn tumbuh memperbanyak diri. Jika pada waktu tertentu jumlah bakteri dapat dihitung. Pertumbuhan populasi mikrobia dibedakan menjadi dua yaitu biakan sistem tertutuo daan bakan sistem terbuka. Pada biakan sistem tertututp, pengamatan jumlah sel dalam waktu yang cukuplama memberikn gambaran berdasarkan kurva pertummbuhan bahwa terdapat fase-fase pertumbuhan. Fase pertumbuhan dimulai pada fase permulaan, fasepertumbuhan dipercepat, fase pertumbuhan logarita (eksponensial), dase pertumbuhan yang mulai dihambat, fase stationer maksimum, fase kematian dipercepat dan fase kematian logaritma. 

Biakan sistem terbuaka (Continuous culture) dalam khemostat 
  DI dalam sistem ini sel dapat dipertahankan terus menerus pada fase pertumbuhan eksponensial/fase pertumbuhan logarita. Continuous culture mempunyai ukuran populasi dan kecepatan pertumbuhan dapat diatur pada nilai konstan menggunakan khemostat.
Sebagai nutrien pembatas dapat digunakan sumber karbon, sumber N atau faktor tumbuh. 

Faktor lingkungan untuk pertumbuhan mikrobia 
1. Faktor abiotik 
a. Suhu 
Suhu pertumbuhan mikrona dibagi menjadi suhu minimum, suhu optimum dan suhu maksimum. 
b. kandungan air
c. Tekanan osmose
d. Ion-ion dan listrik

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA