CONTOH PIDATO




Yang terhormat Bapak, Ibu guru serta teman-teman yang saya kasihi,
Selamat pagi dan Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan berkat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Pada kesempatan ini perkenankanlah saya mengucap terima kasih karena diberi kesempatan menyampaikan pidato mengenai “Kembalikan Moral Bangsa”.
Hadirin yang saya kasihi
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia memiliki beragam kebudayaan, suku dan agama.  Indonesia pun memiliki karakter dan moral yang berbeda dengan bangsa lain di dunia. Namun kebesaran suatu bangsa dapat hilang atau lenyap apabila bangsa tersebut tidak dapat menjaga dan menghargai moral yang menjadi jati diri bangsa. Bangsa tersebut akan kehilangan moral dan karakter yang telah membangunnya menjadi sebuah bangsa yang besar.
Pada saat ini Indonesia sedang mengalami hal tersebut. Bangsa Indonesia mulai kehilangan jati dirinya. Bangsa yang dulu dikenal sebagai bangsa yang berbudaya, berkarakter dan bermoral kini hilangg oleh pengaruh global. Bangsa yang satria dan gagah kini hanya menjadi sebuah memori. Moral yang dulunya dibangga-banggakan kini telah pudar. Dimana-mana terjadi penyimpangan moral, yang berakibat bagi bangsa Indonesia sendiri. Pemerintah yang seharusnya memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya tidak lagi melakukan hal tersebut karena keinginan untuk memiliki kekuasaan  dan yang mulai menjadi karakter bangsa ini adalah meningkatnya korupsi.
Moral bangsa yang dulunya menjadi sebuah kebanggaan dan banyak dikagumi oleh bangsa lain, kini kian terkikis karena kita kita sendiri. Kita membiarkan budaya asing dan diri kita sendiri merusak moral yang baik demi sebuah kepentingan yang membawa kita jauh dari karakter dan moral yang membangun  bangsa Indonesia. 
Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus mengembalikan moral bangsa yang telah terkikis. Mari dengan bergandeng tangan dan semangat juang kita kembali menggali masa lalu yang sempat menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya, berkarakter dan bermoral. Sekian dari saya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati.
Selamat Pagi dan Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Nama : Dartiny Mentari Panggua
Kelas : XII IPA 4

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH SISTEM INTEGUMEN VERTEBRATA