Pages

Friday, 13 April 2012

makalah SENI MUSIK

Kata pengantar

Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan YME, atas segala kebesaran dan limpah nikmat yang diberikan-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Musik Tradisional Mancanegara”.
Adapun penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai musik tradisional mancanegara.
Dalam penulisan makalah ini, berbagai hambatan telah kami alami. Oleh karena itu, terselesaikannya makalah ini tentu saja bukan karena kemampuan kami semata-mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak-pihak yang terkait.
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya kami dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada ibu Mariati  yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, yang telah membantu menyelesaikan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, kami menyadari pengetahuan dan pengalaman kami masih sangat terbatas. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak agar makalah ini lebih baik dan bermanfaaat.
Akhir kata kami ucapkan semoga Tuhan YME selalu membalas budi baik anda semua.

Rantepao, Februari 2011



Penyusun
                                                                                   







 bab i
PENDAHULUAN
Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi).
Musik berdasarkan jenis, atau alirannya terbagi menjadi 2 macam yaitu
a.    Musik Tradisional
b.    Musik Modern.
Musik tradisional adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi dan budaya masyarakat tertentu. Pada umumnya, musik tradisi menjadi milik masyarakat bersama. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi, baik yang berupa musik instrumental maupun vokal. Musik tradisional dengan kesederhanaannya merupakan warisan seni budaya leluhur yang memiliki niali tinggi. Karena tingginya nilai musik ini maka musik ini selalu dicintai dan dipertahankan atau dilestarikan oleh masyarakat.
Istilah musik tradisional  ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia, seperti negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Blues, Musik Countri, Musik Ska, dan Musik Reggae.
Musik Tradisional Mancanegara adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik Tradisional Mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan keunikan sendiri. 
Musik Tradisional Mancanegara  umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan.
Beberapa negara di dunia memiliki musik tradisional dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda.
a.    Di Prancis, permainan musik accordion berfunggsi sebagai pengiring dansa.
b.    Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan dan acara pesta.
c.    Di Scotlandia dengan alat musik bagpipe (pipa berkantung ) digunakan untuk bersenandung dan sebagai kelompok musik militer Scotlandia dengan kelengkapan genderang.
d.    Fungsi musik tradisional India , negara yang mayoritas beragama Hindu ini musik digunakan : untuk mengiringi tari-tarian; untuk tata suara teater tradisional sampai teater modern atau film ; untuk upacara keagaaman (Hindu); dan sebagai musik istana(kerajaan)
e.    Di RRC orang –orang Thionghoa memainkan musik tradisional fungsinya adalah sebgai pengiring opera atau teater tradisional China, untuk upacar apanen dan upacara adat, dan sebagai musik kerajaan (istana) pada zaman dahulu
f.    Di Jepang (negara Sakura) seni musik tradisional merupakan seni yang mendapat tempat di negerinya karena orang Jepang, meskipun bangsa maju (modern), mereka tetap memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian  dan adat luhur bangsa.  Seni musik dijunjung tinggi untuk mengantar sejenis pemujaan  berhala. Musik dalam upacara tersebut dinamakan “ Kamin Gura” (musik kami). Disamping itu musik digunakan dalam mengiringi pawai tradisi.
g.    Di negeri Korea dikenal Chwita adalah jenis musik militer yang dimainkan di istana ketika gerbang utama dibuka untuk menyambut kedatangan raja yang pulang dari perjalanan, juga untuk menyambut utusan asing atau pawai militer. Musik rakyat Korea dapat dibedakan menjadi banyak jenis, antara lain nongak (musik petani), minyo dan pansori.
h.    Fungsi musik tradisional di Afrika Selatan dikenal alat musik terompet tradisional yang menghasilkan suara yang cukup keras yang berfungsi untuk memberikan semangat.

Di dalam kehidupan masyarakat tidak dapat mengelak dari musik dan mendengarkan musik. Keterlibatan musik dalam kehidupan manusia dapat melalui, menyaksikan pertunjukan / pergelaran secara langsung  atau lewat radio, televisi,VCD, dan tape recorder tentang musik.
Suara musik  memiliki kekuatan otonomi yang langsung menyentuh pendengarnya secara fisik dan psikologis. Kenikmatan masyarakat dalam mendengarkan musik beranekaragam sifat, namun kenikmatan musik secara umum bagi setiap manusia ada dua macam yaitu sebagai berikut:
a.    Keindahan yang dinikmati manusia dari keindahan susunan suara-suara , musik itu sendiri sebagai organisme yang hidup, yaitu keindahan melodi dan keserasian suara oleh warna-warnanya.
b.    Kenikmatan waktu kita meresapkan keindahan dari emosi yang terbawa oleh susunan nada-nada dalam musik tersebut yang menimbulkan rasa haru. Hal ini sebagai makna, sari , atau arti musik yang kita dengar.
Musik yang baik adalah yang dapat berfungsi sebagai alat pemurnian rasa , jiwa,  dan rohani manusia.
Unsur-unsur estetis meliputi:
-          Unsur utama atau pokok yang dapat menghidupkan musik terdiri atas:
1.     Bunyi ,
2.    Irama,
3.    Melodi ,
4.    Birama,
5.    Harmoni dan
6.    Tekstur
Bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: irama, melodi, dan harmoni. Irama adalah pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, dan ini memberikan karakter tersendiri pada setiap musik. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Selanjutnya, kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang harmoni.

*        Unsur pendukung musik meliputi :
a.    Tempo,
b.    Dinamik dan
c.    Gaya


Perbedaan antara musik tradisional mancanegara dan musik tradisional nusantara ialah  memiliki  melodi dan irama berbeda dan memiliki keunikan yang berbeda..  Alat musiknya juga beragam bentuknya. Setiap negara juga memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain itu di Nusantara terdapat banyak suku yang memiliki alat musik tradisional yang berbeda dengan negara lain. Ada juga beberapa musik tradisional Nusantara yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk bermain, sedangkan negara lain tidak memilikinya.

Persamaan antara musik tradisional mancanegara dan musik tradisional Nusantara ialah musik tradisional lahir dari adat dan budaya suatu negara, musik tradisional mempengaruhi masyarakatnya (memiliki semangat kolektivitas yang tinggi ).  Pada umumnya alat musik tradisional digunakan untuk mengiringi tarian. Musik tradisional bertujuan untuk menarik wisatawan agar datang di negaranya. Cara memainkan alat musik tradisional seperti ditiup, dipetik, digesek atau dipukul.





0 comments:

Post a Comment

 
L3 L3 L3 Anime L3 L3