PENCERNAAN BERBAGAI MAKANAN

Pencernaan Berbagai makanan


Hidrolisis sebagai proses dasar pencernaan. Hampir semua karbohidrat dari makanan merupakan polisakarida atau disakrida yang besar, yang merupakan hubungan dari monosakrida yang satu sama sama lain. Karbohidrat dicernakan menjadi unsur monosakridanya, untuk melakukan ini, enzim spesidik menggabung ion  hidroksil dari air ke polisakarida satu sama lain, Proses ini yang dinamakan hidrolisis. 

Hampir seluruh bagian lemak dalam makanan terdiri atas trigliserida merupakan proses kebalikannya, enzim mencernakan lemak memisahkan molekul asam lemak dari gliserol. Disini sekali lagi, proses merupakn hidrolisis.

Akhirnya protein dibentuk dari asam-asam amino yang saling berikatan dengan ikatan peptida. Pada pencernaan protein juga menyangkut proses hidrolisis, enzim proteolitik menggabung ion hidroksil air dengan hidrogen air dengan molekul protein untuk memisahkan mereka menjadi unsur-unsur asam aminonya.

Oleh karena itu, kimia pencerrnaan sangat sederhana menyangkut proses hidrolisis yang sama, Satu-satunya perbedaan terletak pada enzim yang dibutuhkan untuk meningkatkan reaksi bagi setiap jenis makanan. Semua enzim-enzim pencernaan adalah protein.
Sekresinya oleh berbagai kelenjar salauran pencernaan.



Sumber : Fisiologi manusia, Guyton

Comments